segala yang terBaik

Buat boenda, memberikan yg terbaik itu bukan cuma waktu malaikat kecilnya boenda udah lahir aja, taapppiii saat masih dalam perut, boenda juga merasa MUTLAK HARUS memberikan segala yg terbaik dari soal asupan makanan sampe tetek bengek persiapan persalinan (include senam hamil 3x dalam 1 minggu)

soal asupan, boenda selalu ngupayain 2x minum susu, makan sayur dan lauk kumplit dengan buahnya,

soal dsog, boenda tetap pada pakemnya harus senior (dgn asumsi kaya pengalaman dalam menangani riwayat kehamilan ky boenda) komunikatif (bs memuaskan rasa ingin tahunya boenda) dan tentunya pro lahiran normal!

untuk RS tempat bersalin, slain fasilitas, boenda hunting RS yang pro-ASI (boenda bertekad memberikan ASI malaikat kecilnya boenda sampe usia 2 tahun), dan ada tatalaksana IMD

kenapa sih boenda pengen banget ngasih ASI??

1.  ASI mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang ALAMI such as:

kolustrum yg:

  • Mengandung zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare,
  • Mengandung protein,vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran,
  • Membantu mengeluarkan mekonium yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan.

-mengandung protein yang tinggi, ASI memiliki perbandingan antara Whei dan Casein yang sesuai untuk bayi. Rasio Whei dengan Casein merupakan salah satu keunggulan ASI dibandingkan dengan susu sapi. ASI mengandung whey lebih banyak yaitu 65:35. Komposisi ini menyebabkan protein ASI lebih mudah diserap. Sedangkan pada susu sapi mempunyai perbandingan Whey :Casein adalah 20 : 80, sehingga tidak mudah diserap.

– ASI mengandung Taurin, DHA dan AA yg alami

apa itu??

  • Taurin adalah sejenis asam amino kedua yang terbanyak dalam ASI yang berfungsi sebagai neuro-transmitter dan berperan penting untuk proses maturasi sel otak. Percobaan pada binatang menunjukkan bahwa defisiensi taurin akan berakibat terjadinya gangguan pada retina mata.
  • Decosahexanoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA) adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsaturated fatty acids) yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal. Jumlah DHA dan AA  dalam ASI sangat mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak. Disamping itu DHA dan AA dalam tubuh dapat dibentuk/disintesa dari substansi pembentuknya (precursor) yaitu masing-masing dari Omega 3 (asam linolenat) dan Omega 6 (asam linoleat)

Laktoferin yaitu sejenis protein yang merupakan komponen zat kekebalan yang mengikat  zat besi di saluran pencernaan.

Lysosim, enzym yang melindungi bayi terhadap bakteri (E. coli dan salmonella) dan virus. Jumlah lysosim dalam ASI 300 kali lebih banyak daripada susu sapi – mengandung sejenis karbohidrat yg menunjang pertumbuhan bakteri lactobacillus bifidus untuk menjaga keasaman flora usu bayi dan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yg merugikan

2. Memperkuat ikatan kasih sayang ibu-bayi yang terjadi karena berbagai rangsangan seperti sentuhan kulit (skin to skin contact). Bayi akan merasa aman dan puas karena bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenal sejak bayi masih dalam rahim.

3.  Meningkatkan kecerdasan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

dengan segala keunggulan ASI tersebut, pantaskah boenda TIDAK MENGUPAYAKAN MATI2AN memberikan ASI ke malaikat kecilnya boenda??!

kalau IMD, apa itu?kenapa harus ribet nyari RS yg pk IMD2an??!

niiihh, hasil bersahabat dengan si mbah gugel

  • apa itu IMD? Inisiasi Menyusui Dini bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu. Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu. Yang perlu di jaga adalah suhu ruangan, dan sebaiknya bayi memakai topi bayi karena disitu banyak keluar panas. Suhu yang tepat adalah 28-29 derajat C

ini alasan kenapa boenda niat banget nyari RS yang ada tatalaksana IMDnya: 1 jam pemberiannya dapat menyelamatkan hidup bayi seumur hidupnya. Dengan memberikan inisiasi dini juga menurunkan resiko kematian bayi sebanyak 21%. Tak terpikirkan bahwa aneka ragam penyakit yang sering menyerang seseorang di usia 30, 40 dan 50 dapat disebabkan karena pemberian ASI yang kurang optimal saat masih bayi. Selain itu, Anak yang dapat menyusui dini dapat mudah sekali menyusu kemudian, sehingga kegagalan menyusui akan jauh sekali berkurang.

tuuuhh kaaan, Subhanallah ya manfaat ASI dengan tatalaksana IMDnya,..makanya Boenda ikhlas binti redho repot2 ngusahain segala yg terbaik untuk malaikat kecilnya Boenda, dan itu berawal sejak boenda hamil ;))

-SiBoenda-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s