Breastfeed-mates

Kalau ditanya, apa kiat sukses nyusui anak, jawaban boenda salah satunya: punya temen berbagi pengalaman menyusui!

bener lho,… bisa saling support kalo lagi ada kendala-kendala menyusui, kendalanya kaya apa sih? misal puting lecet, payudara bengkak. Kalau kita punya support group, kendala-kendala itu bisa kita tanyain penanganannya. Kitapun bisa ketuleran semangat mereka, kalo di boenda pribadi sih mikirnya “‘lha mereka bisa sukses menyusui, gw juga pasti bisa”

Di Makassar, alhamdulillah boenda cepat menemukan teman-teman yang punya antusiasme yang sama dalam hal breastfeeding ini. Dari awal boenda pindah ke makassar (1 tahun yg lalu) boenda dikenalkan oleh ibu-ibu muda yang punya semangat besar untuk menggalakkan kegiatan menyusui. Sarana komunikasi kami berlangsung dalam BBG (MBC) ‘Makassar Breastfeeding Community’ disana kami banyak bertukar pengalaman seputar menyusui, MPASI, kebetulan dalam BBG tersebut bergabung 2 dokter spesialis anak, yang juga merupakan konsultan laktasi (IBCLC) dr. Bob dan dr. Emma sehingga kami pun bisa berdiskusi lebih dalam mengenai berbagai hal seputar kesehatan anak. Di BBG selain punya 2 konsultan laktasi  juga udah ada 6 Konselor Laktasi yang siap membantu memberikan konseling laktasi, insya Allah jumlah konselor laktasi  ini akan bertambah nantinya🙂

So far, kegiatan kami ga cuma makan siang bareng, playdate dengan bawa anak, tea-time, buka puasa bareng tapi juga berusaha membuat acara yang bermanfaat untuk ibu-ibu muda lainnya. Kami udah pernah bikin 1x acara breastfeeding class with dr. Bob Wahyudi, 1x kelas MPASI, audiensi dengan berbagai  media untuk mengkampanyekan ASI dan lebih jauh lagi, kami udah mengadakan 3x Kelas Edukasi AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) di Makassar sebagai salah satu syarat pendirian cita-cita kami bersama, AIMI Sulawesi Selatan yang insya Allah akan launching akhir tahun ini.

Harapannya dari sekedar kumpul support group ibu-ibu muda peduli ASI ini, dapat berdiri lembaga yang profesional melalui pendirian AIMI Sul-Sel, sehingga bisa semakin memperluas cakupan gerakan kampanye ASI yang sudah kami lakukan, terutama bisa mengoptimalkan penerapan aturan Perda Sul-Sel mengenai pemberian ASI secara nyata

well, enak tho selain boenda dapet banyak teman, bersama ibu muda lainnya memberi manfaat ke orang banyak🙂

Many thanks to @alyahzie yang udah mengenalkan boenda pada ibu-ibu hebat di Makassar!

-siBoenda-

3 thoughts on “Breastfeed-mates

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s