Apa yang membuatmu yakin memilihnya?

Beberapa waktu lalu, boenda dapet pertanyaan dari seseorang yang sepertinya lagi dalam proses menikah;

“apa yang membuat mba yakin bahwa dialah jodoh mba?”

Boenda: *senyum*

jadi inget, waktu boenda sedang mempersiapkan pernikahan dengan ayah *yaiyalah..emang ama siapa lagi*,

salah satu ontinya Aira nanya hal yang kurang lebih sama:

“diantara orang yang pernah uni sukai, dan berhubungan dengan uni, kenapa yang uni pilih kak Miko? apa yang bikin uni yakin?”

Tiga tahun lebih berhadapan dengan pertanyaan yang sama, “apa yang membuat saya yakin terhadapnya?”

hhhmmm…. apa yah?

perasaan itu muncul begitu kuat, keyakinan bahwa dia bisa menjadi imam dalam keluarga, panutan, tempat bersandar, teman berbagi suka dan duka, calon ayah yang baik untuk anak-anak kelak

Ga memungkiri, sebelum sosok ayahnya Aira muncul, ada beberapa yang pernah berhubungan dengan boenda, satu diantaranya pernah amat dalam perasaan yang boenda miliki terhadapnya. Nyatanya, perasaan yang dalam tersebut ga membuat boenda yakin dia bisa menjadi suami yang boenda andalkan. Sedang ayah? begitu dia bilang: “aku mau menikahimu, sekarang atau tidak untuk selamanya”  tanpa berpikir lama, boenda iya-kan ajakannya untuk menikah.

Semula banyak orang yang meragukan keputusan boenda untuk menikah, banyak yang beranggapan boenda masih terlalu muda untuk menikah, belum cukup dewasa untuk bisa menjalani kehidupan rumah tangga. Yah, saat ambil keputusan mau nikah itu, boenda masih berusia 21 tahun dan belum selesai kuliah apalagi seumur-umur boenda ‘ga biasa megang kerjaan rumah’ dan lebih sering terlihat foya-foya nya ga pernah pusing urusan keuangan, segala tinggal minta. Banyak yang kemudian kasih saran untuk lebih menikmati hidup dulu, coba bekerja dulu coba ini dulu coba itu dulu ditambah dengan anggapan boenda adalah orang yang kalo udah ada maunya kekeuh sumarekuh kudu harus musti dikabulin permintaannya. Jadi saat boenda bilang mau nikah, mereka sempet cuek, bagai angin lalu saja sepertinya ucapan boenda.

kembali lagi, lalu apa yang membuat boenda yakin?

doa-doa panjang di akhir solat boenda dan pribadi ayah!

pribadi ayah yang lembut tetapi tegas, sederhana, pekerja keras, teguh memegang prinsip, selalu jauh berpikir ke depan dan bertanggung jawab yang membuat boenda yakin dia bisa menjadi suami dan ayah yang baik.

dari mana boenda tau?

dari apa yang boenda lihat, dan boenda dengar dari banyak orang yang berhubungan dengannya. Dan semakin mendekati waktu lamaran, hingga ijab kabul, keyakinan itu semakin besar dan kuat. Ga semata karena keinginan kuat untuk menikah muda. Terasa bedanya antara sekedar keinginan yang kuat dengan keyakinan yang kuat. Boenda ga hanya ingin menikah muda tapi boenda yakin menikah dengannya akan membuat boenda  lebih bahagia dan juga membuat pribadi boenda lebih berkembang.

orang bilang pribadi seseorang saat sebelum menikah belum bisa dipegang, akan terlihat aslinya kalau sudah menikah.

bagaimana ayah?  alhamdulillah segala hal yang membuat boenda yakin memilihnya, sampai detik ini tetap ada

tentu, ayah bukanlah sosok yang sempurna. Tapi semakin lama menjalani rumah tangga bersamanya, kami nyatanya saling melengkapi. Apa-apa yang menjadi kekurangan boenda, tertutupi oleh kelebihan ayah. begitupun sebaliknya.  Bahkan ada pribadi ayah yang  baru boenda tangkap setelah menikah dan itu membuat boenda semakin dalam mencintainya. Mungkin karena saling melengkapi dan tarik menarik itulah yang bikin kami berdua ga bisa berjauhan dalam waktu lama.

Memang baru 3 tahun usia pernikahan kami, tapi cukup bisa membuat boenda mengambil kesimpulan: benarlah keyakinan boenda dulu saat mengiyakan ajakannya menikah, menikah dengan ayah membuat hidup boenda terasa lebih lengkap, lebih bahagia. Banyak pelajaran hidup yang boenda terima selama menikah, baik saat susah maupun senang, dan itu membuat pribadi boenda lebih berkembang.

well, mungkin someday saat anak-anak boenda memutuskan akan menikah, boenda bertanya 2 hal:

“sudahkah engkau selalu berdoa kepadaNya, anakku?”  dan  “engkau yakin dengan dirinya, nak?”

-siBoenda-

2 thoughts on “Apa yang membuatmu yakin memilihnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s