Balada pencarian ART (lagi)

Pagi-pagi bawaannya mellow yellow

semaleman ngobrol sama ayah, tentang ART. Ayah udah ajak ngobrol febi sama kak ani. Nanyain febi, kalo kak ani udah ga kerja di rumah kami, febi masih mau kerja atau ga. Ada sih calon pengganti kak ani, masih sepupunya kak ani dan beberapa kali pernah main ke rumah, tapi kayanya febi ga bisa akur sama dia *sigh*

while, kak ani minta mau pulang ke kampung dulu untuk nyehatin badan. Naga-naganya sih kata ayah, kak ani ga minta pulang sementara aja ga untuk seterusnya. Disini boenda juga dilema, penyembuhan ala kampungnya kak ani itu berati ke dukun. Jelas kami udah ga bisa nerima kak ani lagi kalo dia dibawa ke dukun. Boenda udah cocoklah dengan duet febi-kak ani ini (walau ada beberapa hal yang bikin boenda ga sreg)  Tapi boenda juga jiper takut kak ani kesurupan lagi😦

Semalem juga udah mulai mikirin alternatif nyari ART via penyalur dan dibawa dari jawa. Tapi inipun kami takut, selama ini kami belum pernah pake jasa penyalur untuk nyari ART untuk kami pekerjakan. Biasanya kami dapet ART atas rekomendasi keluarga/teman yang udah tau pasti latar belakang keluarga ART. Di makassar, Kak ani dan febi kami dapat dari bibi (yg karena jarak rumah ga memungkinkan ikut kami kerja lagi), bibi kami dapat dari rekomendasi @eviemommyrafa yang dulunya pernah jadi majikan bibi. Ketakutan kami itu pertama, kami ga tau pasti latar belakang keluarga si ART. Kedua, kami takut dapet penyalurnya yang nakal, ART cuma kerja 3 bulan terus diganti dengan yang lain dengan tameng ‘jaminan’

Jadi inget ada postingan seru di ummi’s corner tentang ART. Dipostingan itu, si penulis seolah ingin mengangkat fenomena bahwa pembantu itu kondisinya terabaikan, tertindas, subordinat, dll. Postingan ini cukup banyak yag memberikan komentar rata-rata yang memberikan komentar kurang setuju dengan penggambaran si penulis, termasuk boenda. Bicara ART mah, hari gini menurut boenda malah majikan yang posisi tawarnya lebih rendah. Kasih gaji lebih tinggi dari standard umumnya, dikasih fasilitas ini itu semata-mata biar ART betah. Susah nyari ART yang niat kerja.

Di Makassar, sering banget boenda denger teman-teman punya 2 ART, di luar BS. Para ART ini ga mau dapet kerja banyak tapi minta standard gaji tinggi. Dulu awal di Makassar, ada yang mau kerja sama boenda tapi mintanya cuma beberes rumah aja, dia minta 600 ribu. Dan beberapa kali boenda cari ART, rata-rata mintanya 500-800 ribu. Ini ga ngurus 1 rumah lho, dan dengan catatan pula, kalau bisa ada temannya biar ga bosen terus mereka harus pulang ke kampung paling ga sebulan sekali. Dulu alasan boenda pekerjakan 2 orang juga ya karena itu, biar kak Ani betah.

Tapi ini kayanya boenda mulai nyoba aja deh nyari ART dari penyalur. Karena dari Jumat kemarin boenda nyoba tanya ke teman-teman, rata-rata bilang susah. Jadi yah, bismillah deh nyoba nyari lewat penyalur, syukur-syukur dapet dari Jawa jadi bisa ‘diiket’ untuk ga minta pulang kampung terus

kalau ada teman-teman yang punya rekomendasi penyalur ART yang recommended, please share disini yah…

-siBoenda-

3 thoughts on “Balada pencarian ART (lagi)

  1. Pingback: Balada Pencarian ART; Daftar kontak penyalur ART, Babysitter. « -siBoenda-

  2. salam kenal kembali bunda…. yup, ini memang bahasan yang ga ada habisnya… art dimana2 susaaaahnya minta ampyun, sekalinya ada baik, betah eeeh adaaaaa aja masalah

    • iya mba..
      huhuhu padahal aq udah cocok dengan duet febi – kak ani ini
      (T______T)

      sekarang bersusah-payah lagi nyari ART
      ga neko-neko kok yang penting seagama, jujur, sopan, sama sayang anak
      kalo udah menuhin 4 hal itu, selebihnya aq bisa usahain tutup mata aja deh kalo ada kekurangan di ART

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s